Laptop adalah barang pribadi yang dimiliki hampir semua orang saat ini. Karena fungsinya sebagai alat untuk melakukan tugas-tugas seperti pekerjaan, tugas sekolah, penelitian, dan kebutuhan ilmiah lainnya yang membutuhkan daya komputer.

Seiring berjalannya waktu, laptop yang tidak terawat, nantinya akan memperpendek usia. Karena tidak dirawat dalam hal baterai, penggunaannya yang buruk dan kebiasaan buruk lainnya.

Kiat merawat laptop

Untuk itu Anda membutuhkan tips yang tepat dan efisien agar laptop tetap awet, dan dalam performa yang mantap. Meskipun memiliki laptop jadul tetapi sering dirawat, kemampuannya akan sama dengan laptop jaman sekarang.

Lalu bagaimana cara mengobatinya?

Cara Merawat Laptop untuk Umur Panjang

  • Ventilasi udara

Ventilasi udara pada perangkat laptop juga sangat penting karena dapat mengatur sirkulasi udara di bagian dalam perangkat. Rajin membersihkan setiap lubang pada Laptop agar sirkulasi udara tetap lancar dan meminimalkan terjadinya panas berlebih atau panas berlebih pada komponen Laptop Anda.

  • Pemulihan Sistem

Tidak hanya dari sisi Perangkat Keras tetapi dari sisi Perangkat Lunak Anda harus menjaga perangkat Laptop favorit Anda. Untuk merawat laptop dari sisi perangkat lunak, Anda dapat mengaktifkan pengembalian sistem. Caranya adalah klik kanan pada ikon komputer desktop kemudian properti, pilih tab pengembalian sistem dan kemudian hapus tanda centang di opsi "Nonaktifkan pemulihan sistem pada semua driver".

  • Matikan Menurut Prosedur

Proses mematikan perangkat atau Shut Down adalah salah satu proses yang sangat penting tetapi sering diremehkan oleh sejumlah pengguna. Terkadang pengguna tidak sadar jika proses mematikan perangkat tidak sesuai dengan prosedur yang benar. Lakukan shutdown melalui menu yang tersedia di menu mulai.

Bagi mereka yang tidak merasa memiliki alat untuk membantu pekerja, lihat laptop yang bagus

  • Hapus instalasi program

Ini kadang-kadang juga dipandang sebagai hal yang cukup sepele, tetapi tahu jika akumulasi aplikasi dan program pada laptop membuat kinerja laptop menurun secara dramatis. Penumpukan aplikasi dan program ini tentunya mengurangi ruang yang seharusnya kosong pada komponen Harddisk. Penumpukan ini dapat membuat proses kerja Hard disk menjadi berat dan mempengaruhi kinerja Laptop yang akan lambat dan tidak mengesampingkan kemungkinan sering hang.

  • Nyalakan Laptop Tanpa Baterai.

Ketika tegangan listrik tidak stabil dan memasuki perangkat Laptop, ini dapat secara langsung mempengaruhi komponen-komponen Laptop, terutama komponen listrik. Tidak jarang laptop rusak karena hal ini, arus listrik rata-rata yang tidak stabil membuat komponen-komponen pada laptop pendek dan rusak.

Selain berbahaya untuk komponen di laptop, data pada hard drive juga menjadi ancaman jika Anda sering melakukan kebiasaan ini. Ketika arus listrik tidak stabil atau listrik padam, perangkat Laptop akan mati seketika. Jika ini sering terjadi, hard drive akan rusak atau memiliki sektor yang buruk dan data yang terkandung dalam hard drive mungkin rusak.

Merawat laptop tidak semudah yang kita baca di artikel ini, karena kita perlu latihan. Jadi jangan terlalu cepat membacanya, lakukan segera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here